Siapa Saja Syaikh (Guru ) Imam Bukhori ?

Guru-Guru Terpenting Al-Imam Al-Bukhariy

Pertanyaan :

مَن هُم أهم شيوخ البخاري ؟

“Siapakah mereka yang merupakan guru-guru terpenting Al-Bukhariy?”

Jawab :

Alhamdulillah.

Al-Bukhariy, beliau adalah Syaikhul Islam. Imamnya para Huffazh. Abu ‘Abdillah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim. Pemilik kitab shahih dan berbagai karya lainnya. Beliau lahir pada Syawal tahun 194 H. Pertama kali beliau mendengar hadits pada tahun 205 H dan menghafalkan karya-karya Ibn Al-Mubarak, padahal ketika itu beliau masih kecil dan tumbuh sebagai anak yatim.

Beliau menyusun kitab dan meriwayatkan hadits ketika masih belum ada rambut di wajahnya. Beliau adalah pemimpin dalam kecerdasan, keilmuan, kewara’an, dan ‘ibadah. Beliau adalah seorang Syaikh yang bertubuh ramping, tidak panjang dan tidak pula pendek. Kulit beliau cenderung kecoklatan.
Beliau berkata :

لما طعنت في ثماني عشرة سنة جعلت أصنف قضايا الصحابة والتابعين وأقاويلهم في أيام عبيد الله بن موسى ، وحينئذ صنفت التاريخ عند قبر النبي صلى الله عليه وسلم في الليالي المقمرة

“Tatkala aku mencapai usia 18 tahun, aku telah memulai untuk menyusun Qadhaayaa Ash-Shahaabah Wa At-Taabi’iin Wa Aqaawiilihim di masa ‘Ubaidullah bin Musa. Dan kemudian aku menyusun At-Tarikh di sisi kuburan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam di malam-malam yang diterangi cahaya bulan.”

Beliau juga berkata :

أحفظ مائة ألف حديث صحيح ، وأحفظ مائتي ألف حديث غير صحيح

“Aku menghafal 100.000 hadits shahih, dan aku pun menghafal 200.000 hadits yang tidak shahih.”

Ibnu Khuzaimah berkata :

ما تحت أديم السماء أعلم بالحديث من البخاري .

“Tidak ada di bawah kolong langit ini yang lebih ‘alim mengenai hadits daripada Al-Bukhariy.”

Beliau wafat pada malam ‘Iedul Fithri pada tahun 256 H.

[Diringkas dari Tadzkiratul-Huffazh oleh Al-Hafizh Adz-Dzahabiy 2/555]

Kedua

Adapun guru-guru beliau, mereka banyak. Muhammad bin Abi Hatim meriwayatkan dari Al-Bukhariy bahwa Al-Bukhariy berkata :

كتبت عن ألف وثمانين نفسا ، ليس فيهم إلا صاحب حديث

“Aku menulis (hadits) dari 1.080 orang, tidak ada pada mereka kecuali Ahli Hadits.” [Siyar A’lam An-Nubala 12/395]

Guru beliau yang terpenting bervariasi berdasarkan sudut pandang yang berbeda. Kedudukan terpenting tersebut dapat disebabkan dari ketinggian ‘ilmu sang guru. Bisa pula dengan sebab banyaknya periwayatan Al-Bukhariy darinya. Bisa pula dengan sebab ketinggian sanadnya. Bisa pula dengan sebab pengaruh yang ada pada Al-Bukhariy yang banyak dari gurunya tersebut. Bisa pula terhimpun lebih dari satu alasan pada guru tertentu.

Adapun guru-guru beliau yang Al-Bukhariy sangat banyak meriwayatkan darinya dalam shahihnya dan mereka di sisi Al-Bukhariy ialah lebih dari 100 riwayat, mereka adalah : ‘Abdullah bin Yusuf At-Tunisiy yang darinya Al-Bukhariy telah meriwayatkan lebih dari 300 riwayat, ‘Ali bin ‘Abdullah Al-Madiniy yang darinya Al-Bukhariy telah meriwayatkan lebih dari 200 riwayat, Abu Al-Yaman Al-Hakam bin Nafi’, Musa bin Isma’il At-Tabudzakiy, ‘Abdullah bin Muhammad Al-Musnadiy, Abu Nu’aim Al-Fadhl bin Dukain, Muhammad bin Basyar yang dikenal dengan Bandar, Qutaibah bin Sa’id, Sulaiman bin Harb, Abu Al-Walid Hisyam bin ‘Abdil Malik Ath-Thayalisiy, Muhammad bin Al-Mutsanna.

Adapun guru-gurunya yang Al-Bukhariy meriwayatkan darinya dengan jumlah pertengahan –kurang dari 100 riwayat namun lebih dari 50 riwayat– mereka adalah : ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah Al-Alusiy, ‘Abdullah bin Az-Zubair Al-Humaidiy, Ibrahim bin Musa, Ibrahim bin Al-Mundzir, Muhammad bin Yusuf Al-Faryabiy, Muhammad bin Katsir, Hafsh bin ‘Umar.

Dan diantara guru-guru beliau yang mereka telah mencapai pada kedudukan Imam dalam ‘Ilmu dan Din adalah : Al-Imam Ahmad bin Hanbal meskipun Al-Bukhariy tidak meriwayatkan darinya dalam shahihnya, Ishaq bin Rahawayh yang Al-Bukhariy meriwayatkan darinya mendekati 30 riwayat, Ahmad bin Shalih Al-Mishriy, Abu Nu’aim Al-Fadhl bin Dukain, dan lain-lain.

Barangkali guru yang paling besar pengaruhnya pada diri Al-Imam Al-Bukhariy dan yang paling mulia kedudukan guru tersebut di sisi beliau adalah Al-Imam ‘Ali bin Al-Madiniy rahimahullah, yang Al-Bukhariy berkata mengenainya :

ما استصغرت نفسي عند أحد إلا عند علي بن المديني

“Tidak pernah diriku merasa kecil di hadapan seorang pun kecuali di sisi (hadapan) ‘Ali bin Al-Madiniy.” [Tadzkiratul-Huffazh 2/428]

Adz-Dzahabiy telah menyebutkan nama-bama guru Al-Bukhariy yang sangat terkenal pada biografi Al-Bukhariy dan kedudukan mereka berdasarkan daerah asal mereka dalam Siyar A’lam An-Nubala (12/394-396). Adapun Al-Hafizh Ibnu Hajar, beliau mengurutkannya dengan urutan yang lain dan bermanfa’at juga, yang dimana beliau berkata dalam Hadyus-Sari (479) :

" ينحصرون في خمس طبقات :
الطبقة الأولى : من حدثه عن التابعين : مثل محمد بن عبد الله الأنصاري حدثه عن حميد ، ومثل مكي بن إبراهيم حدثه عن يزيد بن أبي عبيد ، ومثل أبي عاصم النبيل حدثه عن يزيد بن أبي عبيد أيضا ، ومثل عبيد الله بن موسى حدثه عن إسماعيل بن أبي خالد ، ومثل أبي نعيم حدثه عن الأعمش ، ومثل خلاد بن يحيى حدثه عن عيسى بن طهمان ، ومثل على بن عياش وعصام بن خالد حدثاه عن حريز بن عثمان ، وشيوخ هؤلاء كلهم من التابعين .

“Mereka terbatasi dalam 5 thabaqah. Thabaqah pertama, ialah yang meriwayatkan kepada Al-Bukhariy dari kalangan Tabi’in. Semisal Muhammad bin ‘Abdillah Al-Anshariy, ia meriwayatkan kepada Al-Bukhariy dari Humaid. Makkiy bin Ibrahim, ia meriwayatkan kepada Al-Bukhariy dari Yazid bin Abi ‘Ubaid. Abu ‘Ashim An-Nabil, meriwayatkan kepada Al-Bukhariy dari Yazid bin Abi ‘Ubaid juga. ‘Ubaidullah bin Musa, meriwayatkan kepada Al-Bukhariy dari Isma’il bin Abi Khaid. Abu Nu’aim, meriwayatkan kepada Al-Bukhariy dari Al-A’masy. Khalad bin Yahya, meriwayatkan kepada Al-Bukhariy dari ‘Isa bin Thahman. ‘Ali bin ‘Ayyasy dan ‘Ashim bin Khalid, keduanya meriwayatkan kepada Al-Bukhariy dari Huraiz bin ‘Utsman. Guru-guru Al-Bukhariy ini semuanya dari kalangan Tabi’in.”

الطبقة الثانية : من كان في عصر هؤلاء لكن لم يسمع من ثقات التابعين : كآدم بن أبي إياس وأبي مسهر عبد الأعلى بن مسهر وسعيد بن أبي مريم وأيوب بن سليمان بن بلال وأمثالهم .

“Thabaqah kedua, ialah yang sezaman dengan mereka (thabaqah pertama) tetapi tidak mendengar dari tabi’in yang tsiqat. Seperti Adam bin Abi Iyas, Abu Mushir ‘Abdul A’la bin Mushir, Sa’id bin Abi Maryam, Ayyub bin Sulaiman bin Bilal, dan yang semisal mereka.”

الطبقة الثالثة : هي الوسطى من مشايخه ، وهم من لم يلق التابعين ، بل أخذ عن كبار تبع الأتباع ، كسليمان بن حرب وقتيبة بن سعيد ونعيم بن حماد وعلي بن المديني ويحيى بن معين وأحمد بن حنبل وإسحاق بن راهويه وأبي بكر وعثمان ابني أبي شيبة وأمثال هؤلاء ، وهذه الطبقة قد شاركه مسلم في الأخذ عنهم .

“Thabaqah ketiga, ialah yang thabaqah pertengahan dari (thabaqah) guru-guru Al-Bukhariy. Mereka tidak berjumpa dengan tabi’in, tetapi mereka mengambil (riwayat) dari kibar tabi’ut-tabi’in. Seperti Sulaiman bin Harb, Qutaibah bin Sa’id, Nu’aim bin Hammad, ‘Ali bin Al-Madiniy, Yahya bin Ma’in, Ahmad bin Hanbal, Ishaq bin Rahawayh, Abu Bakr, ‘Utsman bin Abi Syaibah, dan yang semisal mereka. (Imam) Muslim juga mengambil (hadits) dari thabaqah ini.”

الطبقة الرابعة : رفقاؤه في الطلب ، ومن سمع قبله قليلا ، كمحمد بن يحيى الذهلي وأبي حاتم الرازي ومحمد بن عبد الرحيم صاعقة وعبد بن حميد وأحمد بن النضر وجماعة من نظرائهم ، وإنما يخرج عن هؤلاء ما فاته عن مشايخه ، أو ما لم يجده عند غيرهم .

“Thabaqah keempat, rekan-rekan Al-Bukhariy dalam mengambil hadits dan yang mendengar hadits sesaat sebelum Al-Bukhariy. Semisal Muhammad bin Yahya Adz-Dzuhaliy, Abu Hatim Ar-Raziy, Muhammad bin ‘Abdir-Rahim Sha’iqah, ‘Abd bin Humaid, Ahmad bin An-Nadhr, dan sejumlah rekan-rekan mereka lainnya. Al-Bukhariy meriwayatkan dari mereka apa-apa yang terluput dari guru-gurunya, atau Al-Bukhariy meriwayatkan dari mereka apa-apa yang tidak didapati oleh Al-Bukhariy pada selain mereka.”

الطبقة الخامسة : قوم في عداد طلبته في السن والإسناد ، سمع منهم للفائدة : كعبد الله بن حماد الآملي وعبد الله بن أبي العاص الخوارزمي وحسين بن محمد القباني وغيرهم ، وقد روى عنهم أشياء يسيرة . وعمل في الرواية عنهم بما روى عثمان بن أبي شيبة عن وكيع قال : لا يكون الرجل عالما حتى يحدث عمن هو فوقه ، وعمن هو مثله ، وعمن هو دونه ، وعن البخاري أنه قال : لا يكون المحدث كاملا حتى يكتب عمن هو فوقه ، وعمن هو مثله ، وعمن هو دونه

“Thabaqah kelima, orang-orang yang setara dengan murid-murid Al-Bukhariy dalam hal usia dan sanad. Al-Bukhariy mendengar dari mereka untuk suatu faidah, seperti ‘Abdullah bin Hammad Al-Amiliy, ‘Abdullah bin Abi Al-‘Ash Al-Khawarizmiy, Husain bin Muhammad Al-Qabbaniy, dan selain mereka. Al-Bukhariy telah meriwayatkan beberapa hal yang mudah dari mereka karena ‘Utsman bin Abi Syaibah (guru Al-Bukhariy) telah meriwayatkan dari Waki’ yang berkata; “Seseorang tidak bisa menjadi seorang yang ‘alim (berilmu) hingga ia meriwayatkan dari orang yang berada di atasnya, dari orang yang semisal dirinya, dan dari orang yang berada di bawahnya. Diriwayatkan dari Al-Bukhariy bahwa beliau berkata; “Tidaklah seseorang menjadi Muhaddits (Ahli Hadits) yang sempurna hingga ia menulis (hadits) dari yang berada di atasnya, dan dari orang yang semisal dirinya, serta dari orang yang berada di bawahnya.” [Hadyus-Sari, 479]

Lihat jawaban pada pertanyaan nomor : 21523

http://islamqa.info/ar/89915

Komentar

Postingan Populer