Langsung ke konten utama

Kapan Dikatakan Keluar Madzhab ?

لا يلزم من ترك ما ندبه إمام المذهب أو فعل ما كرهه الخروج من مذهبه إلى مذهب آخر. وإنما الخروج هو بتصحيح ما أبطله، أو إبطال ما صححه، ومخالفته هذه قول من مذهب آخر. أو نقول إن الخروج من المذهب هو بمخالفة الصحة أو البطلان في اجتهاد اﻹمام، لا بمخالفة المندوب أو المكروه. ألا ترى إذا ندب اﻹمام عملا فعدم اﻹثم بتركه جزء من مذهبه؟ وكذلك ما إذا كرهه اﻹمام فعدم اﻹثم بفعله جزء من مذهبه؟ ففرق بين شافعي ترك قنوت الصبح مع اعتقاد سنيته وشافعي ترك بسملة فاتحة الكتاب، فإن البسملة آية منها، ولا فاتحة إلا بها، كما لا تجزئ الصلاة إلا بفاتحة الكتاب، بينما القنوت تصح الصلاة ولو بتركه.

هذا البيان يحتاج إلى التعليق والتقييد منكم ﻷني لا أطلقه، وﻷن في نفس المذهب أقوالا مختلفة 

Seseorang belum dapat dikatakan berpindah mazhab jika hanya tidak melaksanakan sesuatu yang dinyatakan sunnat atau melakukan sesuatu yang dinyatakan makruh oleh imam mazhab. Barulah seseorang dikatakan berpindah mazhab apabila menganggap sah sesuatu yang dianggap batal atau menganggap batal sesuatu yang dianggap sah oleh imam mazhab tersebut, jika pilihannya itu memang merupakan pendapat dalam mazhab lain. Atau dengan istilah lain, keluar dari suatu mazhab itu adalah dengan berseberangan dengan sesuatu yang dianggap sah atau dianggap batal dalam ijtihad imam, bukan dengan melakukan kebalikan dari yang disunatkan atau yang dimakruhkan.

Mari kita perhatikan ketika seorang imam mengatakan sunat suatu amalan, maka dengan tidak berdosanya kita ketika tidak melakukannya itu pun adalah bagian dari mazhabnya. Begitu juga ketika seorang imam mengatakan makruh suatu amalan, maka dengan tidak berdosanya kita dengan melakukannya itu pun adalah bagian dari mazhabnya.

Oleh karenanya, perlu dibedakan antara seseorang yang bermazhab syafi'i yang tidak berdoa qunut subuh namun tetap meyakini sunnahnya, dengan seorang (mengaku) syafi'i namun tidak membaca basmalah surat al-fatihah. Karena basmalah termasuk satu ayat dari al-fatihah, sehingga tanpa basmalah maka al-fatihah belum sempurna sebagaimana belum sahnya shalat seseorang tanpa al-fatihah. Sedangkan shalat tanpa qunut tetap dianggap sah.

Buya Sul Ashfi War Raihan

Komentar

Postingan Populer