Ayat Sifat Tidak Diterjemah Kecuali Bahasa Arab
Busmillaah bi-idznillaah
الإمام أبو العباس أحمد بن عمر ابن سريج البغدادي الشافعي (303 هـ)
قال: (حرام على العقول أن تمثل الله، وعلى الأوهام أن تحده، وعلى الألباب أن تصف إلا ما وصف به نفسه في كتابه أو على لسان رسوله، وقد صح عن جميع أهل الديانة والسنة إلى زماننا أن جميع الآي والأخبار الصادقة عن رسول الله يجب على المسلمين الإيمان بكل واحد منه كما ورد، وأن السؤال عن معانيها بدعة، والجواب كفر وزندقة، مثل قوله: {هل ينظرون إلا أن يأتيهم الله في ظلل من الغمام} البقرة210، وقوله: {الرحمن على العرش استوى} طه5، و{جاء ربك والملك صفاً صفاً} الفجر22، ونظائرها مما نطق به القرآن كالفوقية، والنفس، واليدين، والسمع، والبصر، وصعود الكلم الطيب إليه، والضحك، والتعجب، والنزول ..) إلى أن قال: (اعتقادنا فيه وفي الآي المتشابه في القرآن أن نقبلها، ولا نردها، ولا نتأولها بتأويل المخالفين، ولا نحملها على تشبيه المشبهين، ولا نترجم عن صفاته بلغة غير العربية، ونسلم الخبر الظاهر والآية الظاهر تنزيلها)
Al Imam Abu 'Abbas Achmad bin 'Umar ibnu Suroij al baghdadi asy Syafi'i berkata :
Haram atas akal membuat permisalan bagi Allaah, haram bagi pemikiran membuat batasan tentang Allaah, haram atas akal fikiran menyifati kecuali dengan apa yang Dia Sifatkan pada Diri-Nya sendiri dalam Kitab-Nya atau yang telah disampaikan melalui lisan Rosul-Nya. Dan telah sahih di sisi semua ahli agama (Islam) dan (ahli) sunnah sehinggalah ke zaman kita bahawa semua Ayat dan khobar yg benar daripada Rosuulullaah wajib atas muslim untuk beriman dengan setiap satu daripadanya seperti mana yang telah warid, dan bertanya tentang maknanya adalah bid'ah, dan menjawabnya adalah kufur zindiq. Sepertimana Firman-Nya Ta'aalaa {Tiada yang mereka nanti-nantikan melainkan datangnya Allah dan malaikat (pada hari kiamat) dalam naungan awan : QS. Al Baqoroh : 210} ; {Yang Maha Pemurah, istawa di atas 'Arsy : QS Tho Ha : 5} ; {Dan Datanglah Tuhan-Mu dan para Malaikat bershof-shof : QS. Al fajr : 22}dan ayat semisalnya dalam Al Quraan seperti sifat di atas makhluk, jiwa, kedua tangan, pendengaran, pengelihatan, naiknya ucapan baik kepada-Nya, tertawa, kagum dan turun-Nya.. hingga perkataan beliau : Keyakinan kami pada Ayat sifat tersebut dan pada Ayat Mutasyabihat dalam Al Qur-aan adalah menerima semua itu, tidak menolaknya, tidak mena'wilnya dengan ta'wil yang menyelisihinya, dan tidak menyerupakan seperti orang yang membayangkan, dan tidak menerjemahkan Sifat-Nya dengan bahasa selain arab, dan menerima dhohir khobar dan Ayat yang datang.
Komentar
Posting Komentar