Mutasallafy Vs Imam Malik "Tawashul"
Mutasallafy Vs Qoul Imam Malik
~o~Tawashul/Tawasul~o~
Dalam pandangan mutasallafy(salafy palsu), tawashul atas Nabi Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam setelah meninggalnya beliau adalah terlarang. Namun dalam beberapa riwayat, al Imam Malik bin Anas Rodliyallaahu 'anhum adalah beliau menganjurkannya.
* Pertama, dari al Qadli 'Iyadh:
ذكره القاضي عياض في الشفا (2:92/93):
وقد قال الإمام مالك للخليفة المنصور لما حج وزار قبر النبي صلى الله عليه وسلم وسأل مالكا قائلا :" يا أبا عبد الله أستقبل القبلة وأدعو أم أستقبل رسول الله صلى الله عليه وسلم ؟ قال: ولم تصرف وجهك عنه وهو وسيلتك ووسيلة أبيك ءادم عليه السلام إلى الله تعالى؟ بل استقبله واستشفع به فيشفعه الله ".
(نقله الامام السبكي (م256هـ) في شفاء السقام، ص154.
نقله الامام القسطلاني (م923هـ) في المواهب باب زيارة قبر النبي صلى الله عليه وسلم .
Berkata al Qodlii 'Iyadh dalam al Syifaa 2 : 92-93 "Ketika kholifah al Manshur menunaikan ibadah haji lalu ziarah ke makam Rosuulullaah(Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam), beliau bertanya kepada Imam Malik (Rodliyallaahu 'anh): "Aku menghadap kiblat dan berdo'a ataukah aku menghadap (makam) Rosuulullaah?". Imam Malik menjawab: "Kenapa anda memalingkan wajah dari beliau sedangkan beliau adalah washilah anda dan wasilah bapak anda, Adam ‘alayhissalam ?, menghadaplah kepada beliau dan berdo'alah kepada Allaah agar anda memperoleh syafa'at dari beliau(Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam), niscaya Allaah akan menjadikan beliau pemberi syafa'at bagi anda". (Al-Syifaa ; 2 : 92-93)
Kisah ini adalah shahih tanpa ada perselisihan pendapat, sebagaimana yang dikatakan Imam Taqiyyuddin al Hushni (lihat: Daf'u Syubah man Syabbaha wa Tamarrada, hlm. 74 dan 115)
* Kedua, dari Al Qasthollani, bahawa beliau berkata : Telah diriwayatkan, bahawa ketika Abu Ja’far bin Manshur bertanya kepada Imam Malik: “Wahai Abu Abdillaah (Imam Malik), apakah aku harus menghadap kepada Rosuulullaah Shollallaahu ‘Alayhi wa Sallam lalu berdo'a, ataukah aku menghadap ke kiblat lalu berdoa?”
Imam Malik menjawab:
وَلِمَ تَصْرِفْ وَجْهَك عَنْهُ وَهُوَ وَسِيلَتُك وَوَسِيلَةُ أَبِيك آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَل يَوْمَ الْقِيَامَةِ ؟ بَل اسْتَقْبِلْهُ وَاسْتَشْفِعْ بِهِ فَيُشَفِّعُهُ اللَّهُ .
“Ketika engkau hadapkan wajahmu kepadanya(makam Rosuulullaah), maka beliau(Rosuulullaah Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam) adalah washilah anda dan bapak moyangmu, Adam ‘Alayhis Salam, kepada Allaah ‘Azza wa Jalla pada hari kiamat nanti. Maka menghadap dan mintalah syafa’at dengannya, maka Allaah akan memberikan syafa’at.” [(Ucapan ini diriwayatkan oleh Abul Hasan Ali bin Fihr dalam kitabnya Fadhoilul Malik, dengan sanad Laa Ba’sa bihi (tidak mengapa]
~o~Tawashul/Tawasul~o~
Dalam pandangan mutasallafy(salafy palsu), tawashul atas Nabi Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam setelah meninggalnya beliau adalah terlarang. Namun dalam beberapa riwayat, al Imam Malik bin Anas Rodliyallaahu 'anhum adalah beliau menganjurkannya.
* Pertama, dari al Qadli 'Iyadh:
ذكره القاضي عياض في الشفا (2:92/93):
وقد قال الإمام مالك للخليفة المنصور لما حج وزار قبر النبي صلى الله عليه وسلم وسأل مالكا قائلا :" يا أبا عبد الله أستقبل القبلة وأدعو أم أستقبل رسول الله صلى الله عليه وسلم ؟ قال: ولم تصرف وجهك عنه وهو وسيلتك ووسيلة أبيك ءادم عليه السلام إلى الله تعالى؟ بل استقبله واستشفع به فيشفعه الله ".
(نقله الامام السبكي (م256هـ) في شفاء السقام، ص154.
نقله الامام القسطلاني (م923هـ) في المواهب باب زيارة قبر النبي صلى الله عليه وسلم .
Berkata al Qodlii 'Iyadh dalam al Syifaa 2 : 92-93 "Ketika kholifah al Manshur menunaikan ibadah haji lalu ziarah ke makam Rosuulullaah(Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam), beliau bertanya kepada Imam Malik (Rodliyallaahu 'anh): "Aku menghadap kiblat dan berdo'a ataukah aku menghadap (makam) Rosuulullaah?". Imam Malik menjawab: "Kenapa anda memalingkan wajah dari beliau sedangkan beliau adalah washilah anda dan wasilah bapak anda, Adam ‘alayhissalam ?, menghadaplah kepada beliau dan berdo'alah kepada Allaah agar anda memperoleh syafa'at dari beliau(Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam), niscaya Allaah akan menjadikan beliau pemberi syafa'at bagi anda". (Al-Syifaa ; 2 : 92-93)
Kisah ini adalah shahih tanpa ada perselisihan pendapat, sebagaimana yang dikatakan Imam Taqiyyuddin al Hushni (lihat: Daf'u Syubah man Syabbaha wa Tamarrada, hlm. 74 dan 115)
* Kedua, dari Al Qasthollani, bahawa beliau berkata : Telah diriwayatkan, bahawa ketika Abu Ja’far bin Manshur bertanya kepada Imam Malik: “Wahai Abu Abdillaah (Imam Malik), apakah aku harus menghadap kepada Rosuulullaah Shollallaahu ‘Alayhi wa Sallam lalu berdo'a, ataukah aku menghadap ke kiblat lalu berdoa?”
Imam Malik menjawab:
وَلِمَ تَصْرِفْ وَجْهَك عَنْهُ وَهُوَ وَسِيلَتُك وَوَسِيلَةُ أَبِيك آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَل يَوْمَ الْقِيَامَةِ ؟ بَل اسْتَقْبِلْهُ وَاسْتَشْفِعْ بِهِ فَيُشَفِّعُهُ اللَّهُ .
“Ketika engkau hadapkan wajahmu kepadanya(makam Rosuulullaah), maka beliau(Rosuulullaah Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam) adalah washilah anda dan bapak moyangmu, Adam ‘Alayhis Salam, kepada Allaah ‘Azza wa Jalla pada hari kiamat nanti. Maka menghadap dan mintalah syafa’at dengannya, maka Allaah akan memberikan syafa’at.” [(Ucapan ini diriwayatkan oleh Abul Hasan Ali bin Fihr dalam kitabnya Fadhoilul Malik, dengan sanad Laa Ba’sa bihi (tidak mengapa]
Komentar
Posting Komentar